Tips Mencegah Malaria Secara Alami

Tokoobatherbal23.com – Tips Mencegah Malaria, Malaria adalah penyakit yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk malaria atau Anopheles melalui parasite yang masuk kedalam tubuh. Jenis nyamuk yang banyak hidup di wilayah benua Afrika dan negara India ini sangat berbahaya bagi kehidupan.

Penyakit malaria ditularkan lewat parasit plasmodium yang merusak sel darah merah. Ada empat jenis parasit jenis plasmodium yaitu vivax, plasmodium malariae, plasmodium falciparum dan plasmodium falciparum. Dan yang paling berbahaya dari keempatnya adalah falciparum yang mampu membunuh nyawa manusia. Parasit tersebut menyelesaikan siklus pertumbuhannya dalam sel darah merah dan kemudaian membuat nyamuk serta menyebarkannya ke kelenjar ludah. Tidak hanya itu parasit ini juga menuju hati untuk memperbanyak dirinya.

Gajala awal yang timbul sangat mirip dengan penyakit flu, penderita akan mengalami panas yang tinggi, nyeri otot, menggigil, dan disertai sakit kepala. Selanjutnya penderita akan mengalami masalah pada pencernaan seperti muntah, mual, dan diare. Gejala penyakit malaria lainnya adalah kulit akan berwarna kuning yang diakibatkan oleh rusaknya sel hati dan sel darah merah akibat parasite plasmodium.

Bahkan dalam beberapa kasus parasite ini dapat bertahan beberapa bulan dalam tubuh manusia. Bahkan jika yang tinggal parasit P falciparum biasanya memiliki dampak yang lebih serius yang dapat mengancam nyawa. Maka apabila sudah mengetahui gejala dari parasit ini, biasanya akan disarankan untuk pergi ke dokter atau rumah sakit.

Sementara untuk pengobatan Anda bisa baca Pengobatan Herbal Malaria

Penyakit malaria akan lebih mudah menyerang mereka yang tidak memiliki imun yang kuat sperti, bayi, turis dan wanita hamil. Dan biasanya penduduk aslinya memiliki imun yang lebih kuat.

Tips Mencegah Malaria

Tips Mencegah MalariaBerikut ini beberapa tips mencegah malaria yang bisa kita praktekan untuk menghindari terserangnya gigitan nyamuk Anopheles.

Tips mencegah penyakit malaria yang pertama adalah melindungi diri agar anda terhindar dari serangan gigitan nyamuk anopheles. Caranyai bisa dengan menggunakan jenis yang tertutup dan berwarna cerah pada waktu malam hari, karena saat malam harilah serangan nyamuk anopheles terjadi.

Dan cara mencegah penyakit malaria yang kedua yaitu dengan melindungi rumah anda supaya tidak menjadi sarang nyamuk. Caranya yaitu tentu saja dengan membersihkan rumah anda. Biasanya masyarakat melakukan pengasapan ditempat yang memiliki potensi sebagai tempat bersarangnya hewan ini.

Dan tips mencegah penyakit malaria yang ketiga yaitu dengan mengadakan hal yang tidak disukai oleh nyamuk. Yaitu dengan cara menanam tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk seperti tanaman geranium, rosemary, citosa masquito, kecombrang, zodiac, jeruk, lavender, serai wangi dan juga akar wangi.

Sedangkan tips mencegah penyakit malaria yang terakhir dengan menghindari daerah yang menjadi endemis atau daerah-daerah yang rentan terjadi penyakit malaria.

Demikian beberapa Tips Mencegah Malaria, walaupun kasus ini banyak terjadi di benua Afrika dan India tapi tidak ada salahnya kita selalu memperkuat imun dalam tubuh agar selalu sehat.

Add Comment