Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyebab Penyakit Asam Urat – Kami akan memberikan sedikit informasi kepada Anda semua mengenai salah satu penyakit yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang dan mungkin Anda atau keluarga Anda menderita penyakit Asam Urat ini. Akhir-akhir ini sering sekali kita mendengar orang-orang yang telah lanjut usia mengalami sakit asam urat. Sakit asam urat merupakan sakit pada bagian persendian. Gejalanya biasanya berupa; rasa nyeri pada pagi hari ketika bangun tidur dan terasa ketika malam hari, ngilu, pegal, kesemutan, membengkak dan meradang berwarna merah. Nyeri biasanya terjadi pada bagian jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan, siku, tumit dan lutut.

Asam urat merupakan senyawa turunan purina dengan rumus kimia C5H4N4O3dan rasio plasma antara 3,6 mg/dl dan 8,3 mg/dl. kadar asam urat normal wanita sekitar antara 2,6 sampai 6 mg/dl sedangkan pada laki-laki berkisar antara 3,5 sampai 7 mg/dl. Asam urat adalah produk terakhir lintasan katabolisme nukleotida purina, karena tidak adanya enzim urikase yang mengkonversi asam urat menjadi alantoin.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Apabila produksi asam urat tinggi dan menyebabkan ginjal tidak dapat mengeluarkan asam uratĀ  dengan baik maka asam urat akan berubah menjadi kristal yang menumpuk di bagian persendian, dan berakibat pada rasa nyeri di persendian, bengkak dan meradang. Inilah beberapa hal yang menjadi Penyebab Penyakit asam urat

1. konsumsi zat purin secara berlebihan. Zat purin banyak terdapat pada makanan seperti;

  • jeroan (ginjal, limpa, babat, usus, hati paru dan otak).
  • Seafood
  • ekstrak dagingĀ  (dendeng dan abon)
  • makanan yang sudah dikalengi (misalnya sarden)
  • daging merah (daging sapi, daging kambing, daging kuda)
  • bebek, angsa, kalkun
  • kacang-kacangan dan olahannya (kacang tanah, oncom, kedelai, tauco, tauge, emping mlinjo, susu kedelai dan tempe)
  • makanan kaya protein & lemak
  • Buah-buahan seperti nanas dan durian
  • gorengan (misalnya yang dengan margarine) dan makanan yang diolah dengan santan
  • sayuran seperti kol, brokoli, singkong, jamur, kangkung, asparagus, bayam, dan buncis.

2. selain makanan, penyakit asam urat dapat disebabkan oleh obesitas, hipertensi dan diabetes mellitus.

3. terjadi peningkatan asam urat yang berakibat pada pembentukan kristal asam urat yang menumpuk di persendian.

Jika telah parah, penderita asam urat sampai tidak dapat berjalan karena persendian sakit apabila digerakkan. Tulang sekitar sendi juga dapat keropos dan mengalami pengapuran tulang.

Apabila Anda sudah menderita penyakit asam urat untuk segera melakukan Pengobatan Herbal Asam Urat agar kondisi tidak menjadi semakin parah. Kenapa kami menganjurkan pengobatan dengan obat herbal?

Obat Alami Asam Urat tentunya lebih aman dan tidak mengandung efek samping, karena dibuat dari bahan-bahan tanaman obat alami.

Itulah yang bisa kami informasikan tentang Penyebab Penyakit Asam Urat semoga dengan mengetahui penyebabnya kita lebih siap dalam mengatasinya.

Add Comment