Penyebab dan Gejala Penyakit Alzheimer

Tokoobatherbal23.com – Penyebab dan Gejala Penyakit Alzheimer, Apa Itu Penyakit Alzheimer? Pernahkah anda menonton film korea dengan judul “A Moment to Remember”? film yang bercerita tentang seorang istri yang kehilangan ingatan dengan sendirinya. Film tersebut menggambarkan ada sebuah penyakit yang aneh, penyakit yang menggerogoti ingatan otak hingga tidak mampu mengingat apa pun. Ya, itu penyakit Alzheimer? lalu sebeneranya penyakit apakah itu?

Penyakit tersebut ditemukan pada tahun 1906, oleh seorang dokter yang meneliti otak seorang wanita yang sebelum meninggal menunjukan gajala yang aneh berupa gangguan bahasa dan hilang ingatan. Penyakit yang disebabkan oleh menempelnya sejumlah plak amyloid pada otak dan gangguan neurofibrally tangles atau ikatan serabut yang kusut, yang merupakan ciri paling mudah dikenal dari penyakit ini. Dan yang meneliti penyakit ini adalah Alois Alzheimer, maka kemudian penyakit ini dinamakan sesuai dengan nama dokter yang berhasil menemukannya pertama kali.

Gejala Penyakit Alzheimer awalnya ditandai dengan menurunnya daya ingat atau terjadi pelemahan ingatan. Di awal orang tersebut akan mengalami kehilangan beberapa memori. Selanjutnya akan menjadi sulit untuk berkomunikasi, berimajinasi, dan yang lebih parah adalah tidak mampu menjalani kehidupan normalnya

Untuk anda yang masih muda, anda bisa merasa tenang karena biasanya penyakit aneh ini menyerang mereka yang berusia 65 tahun keatas. Setelah menderita penyakit ini, kehidupannya akan berlangsung sampai 10 bahkan 20 tahun baru kemudaian meninggal. Di Amerika sendiri penyakit alzheimer menduduki peringkat ke enam dalam daftar penyebab kematian. Dan wanita lebh rentan terkena penyakit berbahaya ini, dari penelitian 1 dari 8 orang yang menderita kebanyakannya adalah wanita.

Penyebab Penyakit Alzheimer

Penyebab dan Gejala Penyakit AlzheimerDi atas sudah disebutkan bahwa penyakit ini biasanya menyerang orang yang sudah berumur atau orang tua yang berumur di atas 65 tahun. Walaupun menyerang orang tua tetapi penyakit ini bukan bagian dari proses penuaan. Usia bukanlah faktor utama penyebab utamanya walaupun usia adalah salah satu pemicu berkembangya penyakit ini.

Memang dbelum diketahui secara pasti dan detail penyebab Alzheimer, namun diduga kuat kerusakkan otak dipercaya ditimbulkan oleh, neurofibrillary tangles (kekusutan pada sel safar) dan amyloid plaques (palak yang menempel pada otak). Walaupun dipercaya oleh sebagai penyebab kerusakkan otak tetapi para peneliti belum yakin dengan penyebab tersebut. Karena beberapa penelitian menunujukkan bahwa faktor penyebabnya adalah ApoE (Apolipoprotein E), sel yang bertanggung jawab untuk mendistribusikan material lemak ke seluruh bagian tubuh. salah satu yang dituduh terlibat adalah ApoE e4, protein yang dapat merusakkan pad sel saraf.

Tapi masih ada kemungkinan lainnya yaitu, ApoE e4 yang membantu terbentuknya plak dalam otak. Namun bukan berarti yang memiliki protein ini akan diserang Alzheimer dan yang tidak memiliki sel ini akan aman dari serangan Alzheimer.

Penyabab terakhir yang dicurigai adalah faktor keturunan atau genetik. Karena banyak peneilitan yang menemukan bahwa jika orang tuanya memiliki penyakit ini maka keturunannya akan mengalami penyakit serupa. Selain itu yang memiliki kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, juga akan memiliki peluang berkembangnya Alzheimer.

Penelitan akan terus dilakukan karena penyakit ini mampu membunuh banyak manusia, agar ditemukan cara menditeksinya dan cara mengatasinya penyakit alzheimer.

Gejala Penyakit Alzheimer

Masih belum ditemukan penyebab awal dari penyakit ini. Namun yang masih dipercaya hingga saat ini adalah kerusakkan otaklah penyebab utama yang memicu penyakit alzheimer. Peneliti hingga saat ini masih terus melakukan penelitian agar dapat mengetahui sedini mungkin menemukan penyebab dan gejala penyakit alzheimer serta cara mengatasinya penyakit ini.

Secara umum penyebab utamanya yang sering ditemukan adalah gangguan pada ingatan. Tapi hal itu udah masuk tahap yang jauh. Penderita akan melupakan beberapa hal penting dalam otak dan disusul dengan tidak mampu mengingat apa yang dikatakan oleh diri sendiri.

Masalah akan semakin buruk dan tidak wajar seperti, lupa dengan tempat tinggal sendiri, lupa nama orang, kesulitan dalam berhitung, sering mengulang pertanyaan, membutuhkan waktu yang lebih dalam menyelesaikan tugas, serta mengalami perubahan emosi dan karakter.

Saat sudah masuk tahap yang lebih parah, biasanya penderita akan mengalami gangguan dengan bahasm penilaian dan pengambilan keputusan. Dan hal itu akan menghilangkan ingatan secara keseluruhan dengan apapun yang dijalaninya selama ini, baik mengenai orang terdekat maupun keluarganya. Penderita bahkan tidak mampu menggunakan pakian sendiri, mempelajari hal – hal baru dan selalu berpilaku aneh.

Dan Gejala Penyakit Alzheimer terakhir yang terjadi adalah keruskan otak yang samakin parah akan membuat orang tidak mampu melakukan apapun dalam hidupnya, kecuali hanya berbaring di atas tempat tidur sepanjang waktu. Dibutuhkan orang lain untuk mengurus urusannya.

Demikian paparan tentang penyakit alzheimer untuk anda dan jika ingin mengtahui pengobatan penyakit alzheimer dan obatnya anda bisa baca : Obat Herbal Penyakit Alzheimer

Demikian Penyebab dan Gejala Penyakit Alzheimer, memang  belum ditemukan tetapi masih ada kesemapatan bagi yang sehat untuk menghindari penyakit Alzheimer, penyakit berbahaya yang menyerang otak manusia.

Add Comment