Pengertian Tentang Abses Payudara

Tokoobatherbal23.comPengertian Tentang Abses Payudara bagi yang masih awam dengan penyakit satu ini. Saat pembentukan abses, gejala akan bertambah jelas. Saat itu, gejala dapat berupa abses kulit menjadi panas, terluka, dan merah bengkak. Selain itu biasanya muncul pula gejala infeksi berupa demam, menggigil, mual dan muntah.

Komplikasi yang paling berat yaitu osteonekrosis payudara dengan gejala infeksi, keracunan berat: tekanan darah, depresi tubuh, payudara bengkak membesar, edema, abses kulit tampak kuning pucat, atau kelenjar getah bening nekrotik membengkak dan nyeri.

Pengertian Tentang Abses Payudara

Abses merupakan penimbunan nanah akibat dari infeksi yang terjadi. Abses bisa terjadi di berbagai tempat yang disebabkan adanya luka gesekan atau luka yang lainnya. Dalam penyakit abses payudara, penyakit ini merupakan infeksi yang terjadi pada payudara sehingga timbul penimbunan nanah pada payudara tersebut.

PENYEBAB

Pengertian Tentang Abses PayudaraPenyebab abses payudara adalah infeksi bakteri yang masuk dari luka atau ke dalam retakan payudara (biasanya puting susu). Infeksi bakteri ini paling sering disebabkan oleh bakteri Staphyloccus aureus yang berasal dari kulit. Selain itu infeksi ini juga dapat berasal dari mulit bayi saat menyusui dan masuk melalui luka pada payudara jika terdapat luka. Abses payudara juga dapat disebabkan karena peradangan pada saluran air susu yang terjadi pada ibu-ibu yang menyusui di mana ASI (Air Susu ibu) tidak dikeluarkan sepenuhnya waktu menyusui bayinya. Oleh karena itu, angka kejadian abses ini meningkat pada usia produktif yang sudah memilik bayi.

PENGOBATAN

Jika sudah terjadi abses pada payudara, maka abses tersebut harus dikeluarkan nanahnya untuk mencegah komplikasi yang timbul. Pemberian antibiotik akan diberikan oleh dokter untuk mencegah infeksi lanjutan dari abses. Selain itu, akan disarankan untuk berhenti menyusui terlebih dahulu pada payudara yang terkena abses untuk memulihkan payudara yang sakit ke kondisi semula. Pencegahan dapat sederhana dilakukan oleh para ibu dengan cara memakai teknik yang benar dalam menyusui agar tidak terjadi luka, menyusui secara bergantian baik kiri maupun kanan agar berguna dalam pengosongan air susu sehingga tidak terjadi peradangan, menjaga kebersihan dari payudara sendiri, dan juga mencuci tangan terlebih dahulu sebelum dan sesudah menyusui agar payudara lebih terjaga kebersihannya saat tidak sadar terkena tangan.

Gejala Abses Payudara

  • Keluar cairan dari puting.
  • Kemerahan pada payudara.
  • Nyeri payudara.
  • Payudara yang membengkak.
  • Demam.
  • Kelenjar getah bening yang membesar di ketiak di sisi yang terkena.
  • Rasa sakit secara keseluruhan.

Suatu infeksi bakteri bisa menyebabkan abses melalui beberapa cara yaitu sebagai berikut :

  1. Bakteri masuk ke bawah kulit akibat luka dari tusukan jarum tidak steril
  2. Bakteri menyebar dari suatu infeksi dibagian tubuh yang lain.
  3. Bakteri yang dalam keadaan normal, hidup di dalam tubuh manusia dan tidak menimbulkan gangguan, kadang bias menyebabkan abses.

Peluang terbentuknya suatu abses akan meningkat jika :

  1. Terdapat kotoran atau benda asing di daerah tempat terjadinya infeksi.
  2. Daerah yang terinfeksi mendapatkan aliran darah yang kurang.
  3. Terdapat gangguan sistem kekebalan tubuh.

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk abses payudara?

Risiko ini terjadi pada ibu menyusui:

  • Menyusui dengan tidak sesuai
  • Waktu menyusui kurang lama sehingga terjadi penumpukan air susu
  • Puting tergaruk/tercakar
  • Saluran tersumbat.

Pengertian Tentang Abses Payudara, Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak akan menderita penyakit ini. Faktor tersebut hanyalah referensi saja. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih rinci. Demikian dan terima kasih semoga artikel yang kami buat bermanfaat.

Baca juga: Pengobatan benjolan payudara dengan herbal bagi Anda yang yakin dan percaya

Add Comment