Pantangan Makanan Jantung Bengkak

Pantangan Makanan Jantung Bengkak

Pantangan Makanan Jantung Bengkak yang harus diketahui dan dijalankan agar tidak terjadi pembengkakan jantung berulang. Kalian tahu apa saja pantangan jantung bengkak yang harus di hindari? Kalau belum tahu yuk simak baik-baik informasi berikut ini:

Kilasan Penyakit Jantung Bengkak

Pembengkakan pada jantung atau penyakit dengan keadaan jantung yang membengkak adalah keadaan dimana pasien memiliki jantung yang kondisinya membengkak atau membesar yang disebabkan oleh beberapa faktor. Penderita jantung bengkak tidak hanya pada jenis kelamin tertentu ataupun pada pasien dengan berat badan tertentu ataupun sejenisnya. Orang yang memiliki jantung bengkak pun tidak memiliki ciri-ciri khusus, maka anda harus waspada terhadap kesehatan jantung anda. Umumnya orang dengan pola hidup yang di idi dengan kegiatan olahraga trutin, tekanan darah tinggi/hipertensi, memiliki jantung atau otot jantung yang lemah serta orang yang memiliki kelainan klep jantung mempunyai penyakit atau kelainan jantung bawaan sejak lahir.

Pembengkakan pada jantung terjadi tidak hanya pada orang usia tertentu, baik muda ataupun lanjur usia bahkan disaat pasien merassa bahwa dia tidak memiliki penyakit apapun didalam tubuhnya, sehingga tidak menyaddari adanya pembengkakan pada jantungnya. Anggapan bahwa pada awalnya hanya rasa nyeri biasa yang sering dikatakan masuk angin bisa menjadi awal dari gejala penyakit jantung apapun. Namun terkadang orang yang sudah menjalani gaya hidup sehat menepis sendiri tentang keadaan ini, karena sudah menjalani pola hidup sehat menepis sendiri keadaan ini, karena sydah menjadi pola hidup yang sehat.

Jantung bengkak tetap menjadi topik yang menarik untuk dibincangkan. Tidak menghairankan jika para pakar kesihatan terus melakukan penelitian dan pengkajian mengenai penyebab jantung bengkak. Dan hasilnya, ternyata jantung bengkak disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

1. Jarang Bersukan

Penyebab pembengkakan jantung yang pertama adalah jarang bersukan. Tubuh yang jarang bersukan jarang mengeluarkan peluh. Risikonya terjadi  berat badan berlebihan (obesiti). Ini sangat berbahaya karena membuat jantung bekerja lebih keras dan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada jantung. Bukan hanya menyebabkan jantung bengkak,  jarang bersukan juga berisiko menyebabkan penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi.

2. Kelainan Jantung Sejak Lahir

Tidak semua orang lahir dengan jantung yang normal. Beberapa orang mengalami kelainan jantung atau yang biasa disebut sebagai penyakit jantung disebabkan genetik. Contohnya, seperti jantung berlubang atau timbulnya lubang pada jantung. Ini membuat jantung harus bekerja keras kerana organ jantung tidak sempurna. Jantung harus mengepam lebih kuat dan keadaan itu sangat berpotensi menyebabkan terjadinya pembengkakan jantung.

3. Otot Jantung Lemah

Otot jantung lemah disebabkan beberapa faktor seperti serangan jantung. Otot jantung yang lemah menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk mengepam darah ke seluruh tubuh. Semakin lama hal ini terjadi, semakin tinggi risiko terjadinya jantung bengkak.

4. Tekanan Darah Tinggi

Terjadinya tekanan darah tinggi membuatkan jantung bekerja lebih keras. Ini sangat berisiko terhadap peluang terjadinya jantung bengkak. Secara umumnya pengidap tekanan darah tinggi biasanya jarang menyedari mereka diserang penyakit ini kerana penyakit ini hadir tanpa simptom yang ketara. Untuk itu, pemeriksaan tekanan darah berkala penting untuk mengetahui paras tekanan darah anda. Ia bertujuan jika terjadinya tekanan darah tinggi langkah awal bagi mencegah dapat dilakukan supaya tidak menyebabkan jantung bengkak.

5. Kerusakkan Injap Jantung

Kerusakkan injap pada jantung juga berpotensi menyebabkan jantung bengkak. Kerusakkan  pada injap jantung tersebut biasanya disebabkan oleh demam rematik atau mungkin faktor lain. Disebabkan keadaan organ yang tidak lagi sempurna, ia membuatkan jantung harus bekerja lebih keras untuk mengepam darah. Beban kerja berlebihan yang dipikul jantung tersebut boleh menyebabkan terjadinya pembengkakan jantung.

Daripada lima penyebab jantung bengkak, empat daripadanya disebabkan oleh punca penyakit yang lain. Jadi boleh dikatakan bahwa jantung bengkak merupakan penyakit lanjutan dari suatu penyakit.

Memang, ini bukan hal yang aneh pada suatu penyakit. Sering kali sesuatu penyakit  boleh mengakibatkan terjadinya kesan lain kepada pengidapnya sehingga mengalami beberapa penyakit sekaligus.

Yang paling ditakutkan tentu saja kesan daripada terjadinya jantung bengkak. Bagi mereka yang sudah mengalami masalah pembengkakan jantung, mereka sangat berisiko mengalami pembekuan darah dan kesukaran bernafas.

Kesan jantung bengkak sudah pasti tidak menyenangkan anda. Oleh itu, jagalah kesehatan jantung anda dengan baik. Sayangi jantung anda agar tidak sampai ke tahap jantung menjadi bengkak.

Gejala-Gejala Jantung Bengkak

  • Merasakan tidak nyaman pada dada seperti Rasa sakit yang sering hilang dan muncul lagi.
  • Merasakan tidak enak pada bagian atas tubuh
  • Merasakan Napas pendek.
  • Napas pendek adalah tanda yang paling harus dicurigai sebagai penyakit jantung, bahkan jika Anda tidak punya gejala sakit dada, asma atau gejala penyakit jantung lainnya.
  • Penderita Jantung Bengkak biasanya memiliki riwayat penyakit lainnya yang dikhawatirkan akan berlanjut pada pembekuan darah sehingga menyebabkan sulit bernafas.
Pantangan Makanan Jantung Bengkak
  • Pantangan makanan penyakit jantung bengkak yang pertama adalah segala jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi, yakni: seafood, jeroan, daging kambing, bebek, kuning telur, susu tinggi lemak dan produk olahan lainnya.
  • Kemudian makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti Minyak goreng, santan, kelapa dan margarin.
  • Makanan dan minuman yang mengandung alkohol, seperti: durian, tape, nangka, nanas, duku, bir dan minuman keras.
  • Segala jenis makanan yang di goreng dan di bakar, karena mengandung zat aktif yang akan semakin memperparah kesehatan jantung serta berisiko mengembangkan kanker.

Itulah sekilas tentang pantangan makanan jantung bengkak, semoga artikel yang kami buat bermanfaat untuk Anda.

Baca juga artikel lain tentang 14 buah untuk pencegahan penyakit jantung bengkak silakan Klik Di SINI

Add Comment