Pantangan dan Anjuran Makanan Radang Sendi

Tokoobatherbal23.com – Pantangan Dan Anjuran Makanan Radang Sendi penting diketahui dan ditaati. Nah, bagi anda yang saat ini sedang menderita penyakit radang sendi, dengan cara pengobatan yang lain juga belum cukup bisa menyembuhkanya, perhatikan beberapa faktor ini. Karena dengan pola makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan terjadinya radang sendi, oleh sebab itu kenali penyakit radang sendi dan ketahui pantangan makanan yang harus dihindari oleh penderita radang sendi.

Sekilas Radang Sendi

Penyakit radang sendi atau osteortritis sebenarnya adalah penyakit yang lazim menimpa orang berusia lanjut. Namun seiring dengan perubahan gaya hidup, penyakit yang sering disebut dengan pengapuran ini juga ditemukan pada kelompok usia muda.

Pantangan dan anjuran makanan radang sendiSetiap persendian memiliki lapisan bantalan tulang rawan pada  setiap ujung tulang. Tulang rawan ini memiliki permukaan yang licin sehingga memuluskan gerakan tulang dalam persendian. Ausnya tulang rawan persendian akan membuat permukaan yang mulus menjadi kasar dan kehilangan fungsinya sebagai bantalan.

Pantangan dan anjuran makanan radang sendi sebagai berikut:

  • Minuman beralkohol, seperti : bir, wiski, tape, tuak dan semua jenis minuman hasil fermentasi lainnya
  • Daging merah, seperti : kambing, daging sapi, daging kuda.
  • Sea food atau makanan laut seperti : udang, cumi-cumi, kerang, ikan teri, ikan sarden, remis, kepiting, dan tiram.
    Jenis unggas, seperti: bebek, angsa, dan kalkun
  • Makanan yang diawetkan seperti kornet sapi, dan sarden
  • Kacang-kacangan : kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, tauge
  • Sayuran dan buah tertentu, seperti : bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, buncis, kembang kol, daun jambu mete, nanas, durian, alpikat dan air kelapa
  • Semua jenis makanan yang berbahan dasarkan malenjo, seperti : emping.

Anjuran Makanan bagi Penderita Arthritis (Radang Sendi)

  • Ikan Salmon, jenis ikan ini diperkaya dengan kandungan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi peredangan penyebab nyeri sendi.
  • Buah Berry : Stroberi atau blue berry adalah salah satu buah yang sangta efektif sekali dalam mengurangi nyeri sendi.Karena kandungan stroberi dan buah berry lainnya dapat mengurangi
  • Protein C-reaktif yang menyebabkan peradangan dan nyeri sendi. Selain itu, bioflavonoid atau antioksidan dalam kandungan buah berry yang dikenal dengan quercetin dan anthocyanidins dapat menguarsi sebagian rasa nyeri  sendi.
  • sayuran, Asam omega tiga yang tidak seimbang dapat menimbulkan rasa nyeri sendi, oleh sebab itu, untuk menyeimbangkan asupan asam omega-3 dengan sayuran hijau sep[erti bayam, brokoli, bawang, jahe, serta hindari makanan yang mengandung karbohidrat seperti pasta, roti, gorengan, makanan yang di bakar, dan junk foot untuk mengurangi rasa nyeri.
  • Kacang – kacangan : Beberapa kacang – kacaang yang dapat anda konsumsi sebagai alternatif untuk mempercepat proses penyembuhan adalah kacang almond, kenari dan biji- bijian seperti biji labu, merupakan sumber asam omega-3 dan antioksidan. oleh sebab itu, kacang – kacangan tersebut dapat anda konsumsi untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri sendi.
  • Minyak Zaitun kaya akan antioksidan, kalori rendah, dan lemak dengan begitu minyak zaitun baik untuk kolesterol, jantung dan tulang. Selain itu, minyak zaitun juga dapat mengurangi peradangan, rasa nyeri, dan menurunkan berat badan. Oleh krena itu, gunakan minyak zaitun untuk memasak.
  • Jus Jeruk : Jeruk diperkaya dengan kandungan viatmin C, asupan viatmin C yang tepat dapat mencegah seseorang dari penyakit degenerasi tulang, penyebab nyeri sendi belakang.

Baca juga:

  1. Pengobatan Alami Penyakit Radang Sendi
  2. Penyebab Dan Gejala Radang Sendi

Add Comment