Kandungan dan Manfaat tomat bagi kesehatan

Manfaat tomat bagi kesehatan, Siapa yang tidak mengenal tomat, selain rasanya yang manis buah ini sering diperdebatkan dalam keberadaanya sebagai buah atau sayur. Mengutip dari Wikipedia, Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.

Manfaat tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C.

Selain manfaat tomat untuk kecantikan, buah tomat juga memiliki banyak khasiat dan manfaat, khususnya untuk kesehatan tubuh. Kandungan tomat inilah yang sebenarnya mendatangkan khasiat, berikut ini adalah rangkuman kandungan buah tomat :

– Ternyata Kandungan vitamin C buah tomat lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk. Menurut penelitian tomat dengan warna merah memiliki kandungan vitamin C dan A yang lengkap. Kandungan vitamin ini akan semakin banyak seiring tingkat kematangan buah tomat sendiri

– Tomat memiliki kandungan zat Lycopene, ini adalah zat anti oksidan yang berfungsi sebagai penghancur radikal bebas sepertiyang disebabkan oleh polusi kendaraan, asap rokok atau zat berbahaya lain yang diserap oleh tubuh. Dari riset, Lycopene diketahui memiliki peran aktif untuk pencegahan rusaknya sel yang berakibat kanker, contohnya seperti kanker prostat, kanker mulut rahim dan banyak lagi. Adanya gel di luar biji tomat ternyata juga berkhasiat mencegah pembekuan darah artinya bisa juga mencegah sakit jantung dan stroke.

Baca: 14 Buah Untuk Penderita Penyakit Jantung Bengkak

Manfaat tomat bagi kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan kita:

  1. Di negara Prancis, tomat diyakini bisa memulihkan penyakit lemah syahwat serta bisa meningkatkan jumlah sperma dan mempergesit gerakannya.
  2. Dengan kandungan zat Lycopene, tomat sangat membantu mencegah kerusakan sel penyebab kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut serta kanker pankreas.
  3. Bisa menyembuhkan jerawat
  4. Memiliki khasiat penghalus dan pencerah kulit
  5. Mampu menurunkan resiko gangguan jantung.
  6. Sebagai penghilang lelah dan penambah nafsu makan.
  7. Bisa memperlambat penurunan fungsi penglihatan yang disebabkan usia (age-related macular degeneration).
  8. Mengurangi resiko radang usus buntu.
  9. Konsumsi yang rutin bisa menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
  10. Berkhasiat mengobati diare.
  11. Mampu meningkatkan jumlah dan kegesitan sperma.
  12. Bisa memulihkan fungsi liver yang sudah mengalami penurunan.
  13. Bisa mengatasi kegemukan.

Melihat banyaknya manfaat yang ada dalam buah tomat tidaklah salah kalau sekarang banyak produk herbal yang memanfaatkan khasiat dan manfaat tomat sebagai bahan utama untuk produk kesehatan. Hal ini bisa kita temui dalam salah satu produk kesehatan alami Amazon Plus, Obat Herbal Berkhasiat

Itulah beberapa kandungan dan manfaat tomat bagi kesehatan kita, semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Add Comment