Jenis-Jenis Benjolan Di Ketiak

Jenis-Jenis Benjolan Di Ketiak

Jenis-Jenis Benjolan Di Ketiak Namun tidak semua benjolan merupakan awal dari penyakit kanker jadi anda tidak perlu terlalu khawatir, namun begitu benjolan juga tidak bisa dianggap sepele.

Sekilas Benjolan Di Ketiak

Benjolan di ketiak umumnya terjadi akibat membesarnya (bengkak) kelenjar getah bening yang terletak di ketiak kanan ataupun kiri. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem limfatik yang berperan sebagai sistem pertahanan tubuh untuk melawan infeksi, tetapi juga dapat mengalami pertumbuhan abnormal seperti kanker. Itulah sebabnya mengapa pembesaran getah bening menjadi tanda adanya proses infeksi, atau suatu keganasan (kanker).

 Jenis-jenis dan Penyebab Benjolan Di Ketiak

Benjolan di ketiak bisa akibat iritasi dari pisau cukur yang anda gunakan untuk mencukur atau bisa juga karena bakteri yang ada pada rambut ketiak. Untuk mengetahui apa saja penyebab benjolan itu, mari kita simak berikut ini.

Infeksi Virus

Terjadinya benjolan pada ketiak karena infeksi virus bisa menjadi masalah yang serius sehingga memerlukan penanganan dari pihak medis yang profesional. Biasanya virus yang menyerang adalah HI/AIDS, infeksi mononukleosis, herpers, dan cacar. Virus tersebut bisa membuat benjolan di ketiak bahkan hingga membuat rasa sakit.

Vaksinasi

Kita seringkali mendapatkan vaksin saat kita membutuhkannya untuk kekebalan terhadap suatu penyakit. Akan tetapi vaksin tersebut ternyata bisa mengakibatkan alergi yang bisa menumbuhkan benjolan di ketiak. Benjolan ini bukan benjolan biasa, bila bila ditekan benjolan akan terasa sakit. Terkadang saat tidak ditekanpun juga terasa sakit. Sebagian besar vaksin yang mengakibatkan alergi ini adalah vaksin gondong, tipus, vaksin cacar, vaksin cacar, dan vaksin rubella. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk masalah vaksin ini.

Kista

Kista merupakan benjolan yang muncul pada kulit ketiak karena disebabkan oleh rambut ketiak yang tumbuh kedalam dan bisa juga karena menggunakan antiperspirant. Penyakit Kista ini sering menyerang remaja yang baru mulai mencukur rambut ketiak. Penyakit kista ini bisa dibilang penyakit sepele dan tidak sampai memerlukan tindakan medis yang berlebihan apalagi sampai masuk UGD.

Infeksi Jamur dan Bakteri

Bagi anda yang kurang menjaga kebersihan tubuh, kali ini anda harus berhati-hati karena salah satu penyebab terjadinya benjolan di ketiak adalah karena infeksi jamur dan juga bakteri. Jamur dan bakteri yang muncul di ketiak akan menyebabkan  pembengkakan kelnjar bening di ketiak. Jika kelenjar bening ini membengkak tentunya bukan masalah yang karena pembesaran getah bening ini akan mudah di deteksi.

Kanker

Untuk para wanita, benjolan muncul di ketiak jangan dianggap remeh. Kanker payudara bisa menjadi penyebab terjadinya benjolan di ketiak. Biasanya hal ini ditandai dengan pertumbuhan tidak normal jaringan payudara wanita yang bisa menyebar di ketiak. Banyak bentuk kanker yang menjadi penyebab dari benjolan ini.

Nah, kita telah tau jenis-jenis benjolan di ketiak yang menjadi momok oleh sebagaian orang karena terdapar penyakit memakitan yang menybabkan terjadinya benjolan tersebut. Semoga hari anda menyenangkan dan selamat beraktivitas kembali.

Add Comment