Deteksi Gejala dan Penyebab Kanker Payudara

Tokoobatherbal23.comDeteksi gejala dan penyebab kanker payudara, Payudara merupakan salah satu bagian tubuh vital pada manusia, baik pria ataupun wanita. Jika pada pria, payudara tidak tumbuh pada halnya wanita, kemudian dapat berfungsi sebagai organ seksual dan juga untuk menyusui. Namun kanker kembali menjadi ancaman serius pada manusia, kanker juga dapat menyerang payudara manusia, yang kemudian disebut Kanker Payudara. Namun apa itu kanker payudara dan apa gejala dan penyebab kanker payudara itu sendiri?

Kanker Payudara adalah penyakit yang disebabkan oleh sel ganas atau juga disebut kanker yang tumbuh pada jaringan payudara. Sel-sel ini biasanya muncul pada saluran atau lobula di payudara. Sel-sel kanker ini dapat menyebar di antara jaringan atau yang ada.

Perlu diketahui kanker payudara adalah penyebab kematian kedua terbesar bagi wanita saat ini. menurut penelitian wanita etnis Cina memiliki resiko lebih tinggi dibanding etnis Melayu atau India sekitar 10% hingga 20%. Resiko terserang kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia, dimana kasus tertinggi terjadi pada kelompok umur 55-59 tahun. Kabar baiknya obat mujarab kanker payudara adalah dengan pendeteksian dini dan peningkatan kualitas obat. Namun sebelum berlanjut ke pendeteksian dan pengobatan ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab dari kanker payudara ini

Penyebab kanker payudara

Penyebab kanker payudaraPada dasarnya faktor penyebab kanker payudara ini belum di ketahui secara pasti. Namun semua ini bisa di telusuri dari garis keturunan atau sejarah keluarga penderita kanker payudara, menstruasi dini, dan bisa juga di telusuri melalui beberapa faktor yang tak terduga. Karena begitu sulit menemukan faktor penyebab, maka para pakar menyebutkan bahwa kita semua memiliki resiko terserang kanker payudara, dan khususnya saat kita berusia 40 tahun keatas. Penyembuhan total kanker payudara ini tergantung dari pendeteksian dini, semakin cepat terdeteksi maka semakin ada kemungkinan kesembuhan total penderita.

Gejala Kanker Payudara

Adapun beberapa gejala kanker payudara adalah sebagai berikut;

1. Payudara terasa nyeri

Pada gejala awal kemungkinan tidak di temukan benjolan yang jelas, namun sering merasakan nyeri, sakit yang menusuk atau begkak. Jika menemukan gejala seperti itu maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke bagian ginekologi, dan harus segera melakukan pemeriksaan pencitraan.

2. Kedua sisi payudara asimetris atau tidak simetris

ini terjadi karena keberadaan tumor pada dinding dada, sehingga menyebabkan payudara mengalami perubahan volume atau bentuk, ini harus diwaspadai dan segera melakukan pemeriksaan.

3. Galaktorea

Kondisi dimana puting susu mengeluarkan cairan berwarna putih, kuning pucat, warna darah, berair dan keluar nanah.

4. Pembengkakan kelenjar getah bening

Ini merupakan gejala awal dimana kelenjar getah bening di ketiak mengalami pembengkakan.

5. Perubahan puting

Jika tumor sudah invasi ke bagian bawah puting atau areola, bisa menyebabkan puting mengalami deviasi ke satu sisi, retraksi atau depresi.

6. Benjolan payudara

Benjolan yang terasa tidak sakit ini biasanya keras dan dapat bergerak, jika menemukan benjolan seperti ini ada baiknya segera melakukan USG untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Baca juga: Pantangan Makanan Penderita Benjolan Di Payudara

7. Perubahan pada kulit

Pada umumnya kulit akan berubah seperti kulit jeruk dimana endema pori-pori memiliki depresi yang jelas, sehingga permukaan kulit tidak merata.

Deteksi Dini Kanker Payudara

Berikut adalah cara deteksi dini kanker payudara;

1. Memeriksakan diri di depan kaca

Berdiri tegak di depan cermin, letakkan kedua tangan secara alami dikedua sisi tubuh (posisi seperti posisi siap), dari cermin perhatikan kesimetrisan kedua payudara anda, perhatikan juga kulit payudara anda.

2. Posisi berbaring

berbaringlah di atas tempat tidur, fokuskan perhatian pada puting payudara anda, gunakan jari untuk meraba searah jarum jam. Saat melakukan pemeriksaan, gunakan tenaga yang merata, tekan sampai menyentuh bagian tulang iga. Jika anda menemukan kelenjar ataupun benjolan sebaiknya lakukanlah pemeriksaan.

3. Memijat ringan puting

Dengan menggunakan telunjuk dan jari tengah, pijat ringan daerah puting, perhatikan warna dari cairan tersebut, dan segeralah melakukan pemeriksaan dan pengobatan,

Pengobatan Kanker Payudara

Beberapa pengobatan kanker payudara yang biasa dilakukan adalah dengan metode Operasi, radioterapi dan kemoterapi. Pembedahan adalah pengobatan utama bagi penderita untuk memotong sel kanker dengan operasi. Namun operasi bukan pilihan yang tepat untuk penderita usia lanjut dan dengan kondisi fisik yang lemah. Pasca operasi juga terdapat resiko diantaranya adalah kekambuhan dan mestastasis. Oleh karena itu, pengobatan pasca operasi tidak bisa diabaikan.

Untuk pengobatan atau therapi obat kanker payudara kami menyarankan dengan cara  Pengobatan Alami Benjolan Di Payudara

Semoga informasi mengenai Gejala dan penyebab kanker payudara bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Add Comment