Ciri-Ciri Penyakit Amandel

Tokoobatherbal23.comCiri-Ciri Penyakit Amandel harus diketahui, karena penyakit tersebut bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa. Nah, biasanya baik anak-anak maupun orang dewasa terkadang takut untuk menjalani operasi amandel kalau dokter sudah menyarankannya. Padahal, tidak semua orang perlu menjalani tonsilektomi. Ada sejumlah cara alternatif yang bisa ditempuh untuk mengobati amandel selain lewat operasi.

Ciri-Ciri Penyakit Amandel Ini dia informasi lengkapnya

Ciri-Ciri Penyakit AmandelNah, kami di sini akan membahas tentang penyakit amandel dengan ciri-cirinya. Yuk bagi Anda yang belum tahu apa saja ciri-ciri penyakit amandel itu? Di bawah ini informasinya:

Amandel adalah peradangan pada tonsil atau sering disebut juga tonsillitis. Tonsil berbentuk oval, terletak di belakang tenggorokan pada masing-masing sisi tenggorokan. Tonsil berfungsi sebagai pusat pertahanan tubuh dari serangan infeksi bakteri dan virus. Sebagai salah satu pusat pertahanan tubuh, tonsil seringkali mengalami peradangan dan pembengkakan yang disebut sebagai amandel. Tonsil dianggap sebagai barisan pertama sistem pertahanan tubuh terhadap bakteri dan virus yang masuk ke mulut. Fungsi inilah yang dapat membuat tonsil sangat rentan terhadap infeksi dan peradangan.

Penyebab amandel

Amandel paling sering disebabkan oleh virus flu biasa, tetapi infeksi virus dan bakteri lainnya dapat juga menjadi penyebabnya. Bakteri yang paling umum yang menyebabkan amandel adalah Streptococcus pyogenes, atau kelompok streptokokus A, bakteri yang menyebabkan sebagian besar kasus radang tenggorokan.

Faktor resiko amandel

Faktor risiko untuk amandel meliputi :

  • Usia muda. Amandel paling sering terjadi pada usia prasekolah hingga pertengahan remaja.
  • Sering terkena kuman. Anak usia sekolah berada dalam kontak yang dekat dengan teman sebayanya dan sering terkena virus atau bakteri yang dapat menyebabkan amandel.

Gejala amandel

Amandel paling sering mempengaruhi anak-anak antara usia pra sekolah dan tahun-tahun pertengahan remaja. Tanda-tanda umum dan gejala amandel meliputi:

  • Pembengkakan dan merah pada tonsil
  • Terdapat lapisanan putih atau kuning atau patch pada tonsil
  • Sakit tenggorokan
  • Sulit atau sakit saat menelan
  • Demam
  • Kelenjar getah bening leher bengkak.
  • Suara serak
  • Napas bau
  • Sakit perut, terutama pada anak-anak muda
  • Leher kaku
  • Sakit kepala

Tanaman Obat Untuk Amandel

1. Obat tradisional amandel menggunakan Jeruk Nipis

Bahan: 1 buah jeruk nipis, kunyit sebesar ibu jari, 1 sendok makan madu, dan setengah gelas air.
Cara pengobatan: Jeruk nipis dipotong kemudian peras airnya. Kunyit diparut lalu peras airnya dan campurkan dengan air perasan jeruk nipis. Tambahkan satu sendok makan madu dan setengah gelas air, aduk hingga rata. Kemudian minum airnya.

2. Obat tradisional amandel menggunakan Tanaman Jarong

Rebus 10-15 gram tanaman jarong kering atau 30-60 gram tanaman jarong segar dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disring lalu diminum sekaligus. Lakukan pengobatan ini setiap hari secara rutin.

3. Obat tradisional amandel menggunakan Kapulaga

Kapulaga merupakan salah satu tanaman palawija yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satunya adalah radang amandel. Rebus 5 butir buah kapulaga dalam 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin makan buahnya.

4. Obat tradisional amandel menggunakan tanaman Akar Bunga Pukul Empat

Sediakan akar kembang pukul empat kering sebanyak 10-15 gram atau akar kembang pukul empat segar sebanyak 15-30 gram. Kemudian direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Setelah dingin, airnya diminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore masing-masing 150cc setiap kali minum.

5. Obat tradisional amandel menggunakan madu

Hampir semua produk lebah dari mulai madu hingga propolis bermanfaat untuk penyembuhan penyakit radang amandel.

FUNGSI AMANDEL

Amandel sebenarnya memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan organ mulut, seperti :

  • Amandel dapat berfungsi sebagai pembunuh kuman dan mikro organisme yang masuk melalui organ mulut
  • Berfungsi sebagai penghasil limfosit yang merupakan bagian dari jenis sel darah putih (leukosit).
  • Sebagai penghasil anti body yang menghasilkan Imunoglolubin A yang berfungsi sebagai benteng pertahanan lokal terhadap kuman penyakit yang masuk melalui organ mulut dan rongga hidung.

Demikian informasi tentang ciri-ciri penyakit amandel yang bisa dijadikan referensi wawasan kita tentang penyakit satu ini.

Add Comment